Open Minded To Exceed Your Vision

Artikel Kali ini ditulis dalam rangka mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru TIK PGRI, Komunitas Guru TIK/KKPI dan Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KGSN) dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda. Info Lengkap Tentang Lomba bisa dilihat di laman web http://gurupenggerakindonesia.com.
#PGRI #KOGTIK #EPSON #KSGN

A mind is like a parachute, It Doesn’t work if it is not open

Frank Zappa

Sebuah quote simpel yang memiliki makna sangat luar biasa. Sebuah pemikiran itu layaknya sebuah parasut, dia tidak akan bekerja apabila tidak terbuka. Sebagai seorang guru, kita harus memiliki pemikiran terbuka terlebih dalam memandang peran dari teknologi terkini. Seperti yang kita ketahui, peranan guru dalam dunia pendidikan tidak dapat digantikan. Hadirnya teknologi terkini dalam dunia pendidikan bukan untuk menggantikan peran dari guru itu sendiri, melainkan untuk membantu dan menunjang kinerja guru dalam melakukan pembelajaran agar tercapainya pembelajaran yang bermakna. Dalam artikel ini, penulis akan menyampaikan gagasannya mengenai kenapa seorang guru harus memiliki sifat Open Minded dalam memandang peran dari teknologi terkini.

Ada sebuah artikel yang cukup menarik yang diterbitkan di laman kemdikbud.go.id. Artikel tersebut berjudul Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas”. Dalam artikel tersebut,Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Bapak Totok Suprayitno menjelaskan bahwa hasil studi PISA (Programme For International Student Assessment) pada tahun 2018 menyatakan bahwa siswa dengan latar belakang sosial ekonomi yang sama mendapatkan skor membaca 40 poin lebih tinggi Ketika diajar oleh guru yang memanfaatkan penggunaan TIK. Hal ini menunjukkan tersedianya infrastruktur TIK saja tidak akan optimal apabila tidak digunakan secara maksimal dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut menjadi salah satu alasan PISA memberikan rekomendasi terhadap pemerintah untuk lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran.

Exceed Your Vison merupakan jargon dari EPSON yang juga harusnya diresapi oleh setiap guru dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Seorang guru seharusnya memiliki visi dan semangat yang besar untuk melampaui visi yang telah ia buat sebelumnya termasuk dalam hal penggunaan teknologi terkini. Salah satu cara untuk melampaui visi tersebut ialah dengan terus mengembangkan kompetensi sebagai seorang guru.

Saat ini, banyak sekali pelatihan atau Bimtek yang dapat diikuti oleh guru agar mampu membuat dan mengembangkan pembelajaran Daring maupun Luring agar menjadi semakin menyenangkan. Salah satu Bimtek tersebut adalah Bimtek Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam Bimtek tersebut dijelaskan mengenai pengertian pembelajaran daring maupun  pembelajaran luring, cara menentukan dan merancang pembelajaran yang cocok berdasarkan kondisi peserta didik, hingga proses pelaksanaan asesmen yang dapat dilakukan oleh guru.

Saat ini, saya turut serta menjadi peserta dalam Bimtek tersebut. Diawal pelatihan, kami para peserta seolah diberi pencerahan dengan diperlihatkan banyak sekali tantangan yang dihadapi dalam melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak-Jauh dimasa pandemi. Selanjutnya kami diperkenalkan dengan Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Cara 5M. Dalam materi tersebut, para peserta diperkenalkan dengan cara-cara yang bisa ditempuh agar kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi lebih bermakna. Setelah diperkenalkan dengan strategi yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh, saya diperkenalkan dengan konsep kurikulum pada kondisi khusus. Pada intinya, pemerintah melalui Kemdikbud telah menyederhanakan kurikulum normal agar para guru tidak terbebani dalam menuntaskan beban pembelajaran. Kurikulum yang dibuat tersebut menitik beratkan pada pembelajaran berbasis kompetensi.

Selain banyaknya bimtek yang bisa diikuti oleh guru, terdapat pula sumber belajar yang berlimpah yang dapat diakses oleh siswa maupun guru. Salah satu sumber belajar tersebut adalah portal rumah belajar yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Dalam portal tersebut terdapat fitur-fitur yang mampu dimanfaatkan oleh guru dan siswa agar pembelajaran daring menjadi semakin menyenangkan. Fitur-fitur tersebut antara lain fitur sumber belajar, fitur kelas maya, fitur bank soal, dan fitur laboratorium maya.

Selain dua hal tersebut, saat ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan juga telah meluncurkan program “Belajar Dari Rumah” yang disiarkan di stasiun TV nasional. Program tersebut dikemas sedemikian menarik untuk menciptakan pembelajaran Luring menjadi semakin menyenangkan. Selain program “Belajar  Dari Rumah”, Kemdikbud juga telah membuat buku saku untuk jenjang PAUD, SD, SMP maupun SMA yang menjadi penunjang guru dalam melakukan kegiatan belajar dan buku saku panduan orang tua untuk  meningkatkan kapasitas orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak-anak mereka.

Pemanfaatan teknologi seperti diatas tentunya akan membuka wawasan (open minded) bagi guru, orang tua dan siswa, membuatnya menjadi yang terdepan dalam teknologi informasi seperti jargon penerbit Andi, dan mampu melampaui visi yang telah ia buat (Exceed Your Vison) dan tentu akan menciptakan Pembelajaran Daring dan Luring Menjadi semakin menyenangkan.

#PGRI, #KOGTIK,#EPSON #KSGN

Profil Penulis : Iqbal W. Septiyadi, S.Pd

Profil Penulis : Iqbal W. Septiyadi, S.Pd

Iqbal W. Septiyadi merupakan anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan Bapak Wiyanto dan Ibu Sukarni. Menempuk pendidikan di SD Tamansiswa Sungai Buah, SMP Negeri 8 Palembang, dan SMA Negeri 5 Palembang. Merupakan salah satu penerima beasiswa dari kota Palembang untuk menempuh pendidikan di STKIP Surya Tangerang. Setelah lulus sempat bekerja di Dinas Pendidikan Kota Palembang selama 2 tahun dan saat ini menjadi pengajar di SMP Negeri 28 Kota Bandar Lampung.

One thought on “Open Minded To Exceed Your Vision

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *