Pendekatan CrossOver Learning Memanfaatkan Rumah Belajar

Assalamuallaykum warahmatullahi wabarakatuh, masih dalam kegiatan yang dilakukan oleh Duta Rumah Belajar Provinsi Lampung dengan tema “Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar”, kali ini aku akan menuliskan resume dengan materi “Pendekatan CrossOver Learning Memanfaatkan Rumah Belajar”.

Crossover Learning adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk menemukan ruang dan membawa pembelajaran informal ke dalam pendidikan formal yang berpotensi untuk memperkaya pengetahuan melalui pengalaman nyata. Pada intinya, crossover learning adalah menghubungkan pembelajaran formal dengan pembelajaran Informal.

Crossover Learning itu penting dikarenakan kegiatan belajar itu bisa terjadi dimanapun. model ini juga dapat membantu siswa lebih memahami materi ajar dikarenakan siswa akan mencoba menghubungkan pengalaman diluar sekolah dan pengalaman didalam sekolah, sehingga hasil dari hubungan itu, akan membat siswa mampu menerapkan pengetahuannya diperistiwa yang berbeda.

contoh implementasi dari model Crossover learning adalah :
1. Guru memberikan pertanyaan utama : Mengapa bentuk fisik tumbuhan berbeda-beda ?
2. Siswa melakukan diskusi di WAgrup
3. Guru memberikan link video sumber belajar. setelah itu memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati tumbuhan disekitar mereka
4. Siswa mempresentasikan hasil temuannya dengan membagikan video melalui WAgrup.

Nah itu tadi resume yang sudah saya buat dalam mengikuti materi tentang Pendekatan CrossOver Learning Memanfaatkan Rumah Belajar. Nantikan artikel-artikel berikutnya yaaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *