Model Pembelajaran Inovatif Memanfaatkan Rumah Belajar Dalam BDR ( Belajar Dari Rumah)

Halo temen-temen pembaca setia web saya, sudah lama tidak menulis setelah disibukkan didalam kehidupan di RL kali ini saya akan menuliskan resume tentang kegiatan yang dilakukan oleh Duta Rumah Belajar Provinsi Lampung dengan tema “Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Pada kegiatan ini ada banyak sekali materi yang dibagikan oleh beberapa narasumber, tapi pada artikel kali ini saya akan menuliskan resume dengan materi “Model Pembelajaran Inovatif Memanfaatkan Rumah Belajar Dalam BDR”. Materi ini disampaikan oleh Ibu Evi Apriyanti.

Rumah Belajar merupakan sebuah portal website sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era revolusi industri 4.0 yang menyediakan bahan ajar serta beberapa fasilitas pendukung guna mempermudah interaksi antar komunitas. Portal Rumah Belajar dapat digunakan oleh siswa maupun guru.
Rumah belajar diluncurkan pada tahun 2011 tepatnya pada tanggal 15 Juli 2011 dengan fokus pada pengembangan RPP interaktif berbasis tik. Seiring berjalannya waktu, Portal Rumah Belajar mengalami perkembangan dengan penambahan beberapa fitur. Fitur-fitur utama yang terdapat pada portal rumah belajar Antara Lain :
1. Laboratorium Maya
2. Bank Soal
3. Kelas Maya
4. Sumber Belajar

Selain Fitur utama tersebut, Portal Rumah Belajar juga memiliki fitur-fitur pendukung seperti, Peta Budaya, Wahana Ruang Angkasa, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Karya Bahasa dan Sastra, PKB, serta Edugame.

Setelah melakukan pengenalan tentang Portal Rumah Belajar serta fitur-fitur yang terdapat didalammya, pemateri melanjutkan penjelasan mengenai model-model pembelajaran inovatif yang bisa dilakukan oleh guru menggunakan portal rumah belajar. Model-model tersebut antara lain :
1. Discovery-Inquiry Learning
Merupakan sebuah rangkaian kegiatan belajar yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.
2. Flipped Classroom
Merupakan pembelajaran yang membalik metode tradisional dimana materi biasanya diberikan pada proses pembelajaran tetapi materi diberikan sebelum proses pembelajaran.
3. Project Based Learning
Pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran dengan melibatkan proyek
4. Blended Learning
Pembelajaran yang mengkombinasikan tatap muka dengan PJJ yang memanfaatkan berbagai media dan teknologi
5. Game Based
Pembelajaran yang menggunakan permainan digital untuk tujuan pembelajaran
6. SOLE ( Self Organized Learning Environment)
Pembelajaran yang menitik beratkan proses pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan internet dan perangkat pendukung.
7. Crossover Learning
Pembelajaran yang menitik beratkan pada kombinasi pembelajaran yang didapatkan dalam sekolah ke pembelajaran diluar sekolah.

Nah itu tadi resume yang sudah saya buat dalam mengikuti materi tentang Model Pembelajaran Inovatif Memanfaatkan Rumah Belajar Dalam BDR ( Belajar Dari Rumah). Nantikan artikel-artikel berikutnya yaaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *