TANPA IDE (Aku akan menjadi seorang penulis)

Assalamuallaykum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat datang di Website Indie WorkShop By Iqbal W. Septiyadi. Masih dalam kegiatan yang sama, pelatihan menulis yang dilaksanakan oleh komunitas guru TIK bekerjasama dengan PGRI, tema pelatihan malam ini, 07 April 2020 adalah “Menulis Tanpa Ide”. Materi kali ini disampaikan oleh Bapak Budiman Hakim atau yang biasa dipanggil “Om Bud”.
Sebelum om bud menyampaikan materinya, saya tertarik untuk membaca biografi beliau. Ternyata om bud ini seorang Creative Advisor, pengajar dan penulis. Banyak buku yang telah beliau terbitkan seperti Lanturan Tapi Relevan, Ngobrolin Iklan Yuk, dan lain-lain. Om bud telah melalang buana ke berbagai Advertising Agency.

Materi yang beliau sampaikan pada pelatihan kali ini ternyata masuk dalam salah satu bab yang erdapat didalam buku yang beliau tulis dengan judul yang sama yaitu “MENULIS TANPA IDE”.

Om Bud mengawali pelatihan malam ini dengan sebuah kalimat yang luar biasa,

Tulisan yang bagus adalah yang mampu menggugah EMOSI pembacanya.

Budiman Hakim

Kata kunci dari tulisan berbagai jenis (novel, humor,dll) adalah “EMOSI”. Ketika orang menangis atau tertawa, maka disitulah tulisan kita mampu menggugah EMOSI pembaca. Memasukkan unsur EMOSI didalam sebuah cerita ternyata tidak mudah. Om Bud memberikan tips ketika kita mengalami kondisi Writer’s Block atau “Gak Punya Ide” untuk menulis. Tips tersebut adalah :

  1. Memanfaatkan Emosi
  2. Memancing Emosi

Memanfaatkan Emosi

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, terkadang kita mengalami perubahan-perubahan emosi/ mood (rasa senang, sedih, terharu, marah, dan lain-lain) namun permasalahan tersebut tidak penting. Om Bud menyarankan untuk menuliskan peristiwa-peristiwa perubahan emosi tersebut didalam sebuah file dengan nama “SUMBER IDE“. metode latihan menulis ini om bud sebut dengan metode CERPENTING (Cerita Pendek Tidak Penting). Kata kunci dari CERPENTING adalah tuliskan cerita-cerita yang benar-benar tidak penting (remeh) yang kita alami.
Contoh ide CERPENTING :

Atau kita lagi naik motor terus keabisan bensin sementara kita juga lupa bawa duit karena gak sempet ke ATM. Udah jauh-jauh dorong motor pas sampe ternyata mesin ATMnya rusak.

Contoh ide tersebut dapat dibuat menjadi sebuah cerita CERPENTING.

Berikut ini contoh CERPENTING yang sudah jadi :

CARPENTING

Hikmah dari menuliskan CERPENTING adalah :

Kalo kita bisa menggugah emosi pembaca dengan topik yang SANGAT SEPELE, apalagi kalo kita menuliskan hal yang SANGAT PENTING,

Budiman Hakim

Memancing Emosi

Metode Latihan menulis selanjutnya adalah “Memancing Emosi”. Metode ini adalah sebuah RAHASIA yang ditemukan oleh om Bud dari hasil pengalaman beliau menulis. Rahasia tersebut beliau tuliskan dalam formula berikut ini :

“JANGAN MENUNGGU IDE DATANG LALU BARU MENULIS. MENULISLAH DULU MAKA IDE AKAN DATANG PADAMU.”

Budiman Hakim

Jadi Ide itu gak boleh ditunggu, ide itu harus dipancing. Nah memancing ide ini dengan cara memperhatikan sekeliling, dan tuliskan benda-benda yang kita tangkap melalui panca indera dan gabungkan dengan menyusun menjadi satu kesatuan dalam beberapa kalimat. Metode Memancing Emosi ini telah dipraktekkan ke rekan Om Bud yaitu Kang Asep Herna seorang penulis juga.

Kang Asep kala itu berada di kamarnya dan hendak membuat sebuah tulisan namun ia mengalami kondisi Writer’s Block kemudian mencoba mempraktekkan metode Memancing Emosi. Ia melihat kondisi sekitar kamarnya dan mendapati 6 barang (Printer, Kertas, Dinding, Ac, Jam, Laptop) yang ia lihat menggunakan indera pengelihatannya. Dari ke-enam barang yang ia dapati, ia mulai menulis, dan hasilnya seperti ini :

Asep Herna : Memancing Emosi

Tulisan tersebut lahir hanya dengan memanfaatkan indera pengelihatan, lantas bagaimana jika kita memanfaatkan idera-indera yang lain (perasa, pendengaran, penciuman dan lain-lain).

Seperti itulah Tips yang diberikan oleh bapak Budiman Hakim atau Om Bud. Beliau menyedikan sebuah website yang bisa dipakai untuk latihan menulis menggunakan metode tadi. website tersbut dapat diakses pada laman berikut ini : http://thewriters.id

Menulis itu sebuah proses. Menulis bukan skill yang bisa diperoleh dalam waktu semalam. Jadi kita memang harus berlatih.

Budiman Hakim

Berlatih memang sebuah periode yang membosankan. Itu sebabnya metode ini saya ciptakan supaya proses latihan jadi menyenangkan.

Budiman Hakim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *