Opini : Itu Positif Covid-19 Vs Covid-19 Itu Positif

Assalamuallaykum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat datang di artikel “Itu Positif Corona Vs Corona Itu Positif” yang merupakan bagian dari sub topik Opini. Jadi isi didalem artikel ini full semua hanya opini pribadi yang sudah memenuhi isi kepala dan butuh disalurkan melalui tulisan.

Covid-19, pandemi yang melanda berbagai negara saat ini dan diyakini berasal dari kota wuhan telah banyak membawa cerita. Di Indonesia, saat ini pemerintah sedang berusaha memerangi virus yang bernama covid-19 atau yang juga bisa disebut dengan Sars Cov-2. Himbauan untuk WFH (Work From Home), LFH (Learn From Home), Social Distancing, Phisical Distancing, hingga himauan untuk tidak mudik pada musim lebaran tahun 2020 sering digaungkan. Berita tentang bertambahnya kasus Covid-19 jumlah pasien meninggal hingga yang sembuh juga sering di publikasikan.
Indie WorkShop By Iqbal W. Septiyadi mengucapkan belasungkawa terhadap pandemi ini dan kepada pasien yang meninggal dunia serta Indie WorkShop mengucapkan selamat berjuang untuk Pasien OPD, PDP, dan juga suscpect Covid-19. Semoga Allah beri kesabaran dan ganjaran yang setimpal serta segera angkat wabah yang melanda kita ini.

Ada Satu hal yang membuat Indie WorkShop sedikit risih mengenai wabah ini, hal tersebut adalah tidak imbangnya berita menakutkan dan terkesan negatif dan juga berita hoax dengan berita-berita positif yang muncul baik di sosial media, hingga aplikasi mobile chatting seperti group whatsapp, telegram, hingga line. Berita-berita baik seperti kasus sembuhnya 64 orang pertanggal 30 Maret 2020, tenggelam dengan berita hoax. Saya pernah mendapati berita hoax yang menyatakan zona merah di kota bandar lampung dimana berita itu membuat resah banyak masyarakat. Adalagi berita yang saya dapat dari pesan berantai tentang puncak infeksi virus dan larangan keluar dari rumah sakit yang tak kalah meresahkan.

Sudah barang tentu, Positif Covid-19 itu mengerikan. Tetapi, berita hoax terkait Covid-19 itu jauh lebih mengerikan. Isu hoax dapat membuat masyarakat khawatir berlebihan sehingga melakukan tindakan-tindakan yang tidak semestinya dilakukan. Pemerintah telah melakukan upaya menangkal penyebaran berita hoax terkait Covid-19 pada laman Covid19.go.id/hoax-buster . Namun tentu saja, upaya pemerintah ini belum maksimal dikarnakan terlalu banyaknya berita hoax yang disebarkan secara berantai tersebut.

Melihat tren tersebut, saya teringat sebuah quotes dari Christian Lous Lange. Dia mengatakan bahwa teknologi adalah budak yang berguna, tetapi tuan yang berbahaya. Disini terlihat, teknologi sangat berbahaya jika digunakan dalam menyebarkan berita-berita palsu atau hoax. Tak sedikit orang yang sudah merasakan jeruji besi akibat ikut menyebarkan berita hoax. Dan banyak orang yang masih belum menyadari jika dengan teknologi yang mereka gunakan, mereka mengkonsumsi berita yang palsu.

Itu Positif Covid-19 memang mengerikan, tapi Covid-19 itupun juga positif. Banyak hal positif yang bisa kita lihat dari Covid-19. Hadirnya himbauan terkait Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) membuat saya menyadari betapa petingnya hidup bersih dan menjaga kesehatan. Banyak rekan-rekan perawat, analis lab, hingga dokter yang kompak memberikan edukasi mengenai ini. Jika tanpa hadirnya Covid-19, belum tentu himbauan tentang PHBS dilakukan secara massif seperti sekarang.
Covid-19 itupun juga positif , dengan hadirnya covid-19 banyak orang menyadari betapa pentingnya perkembangan teknologi. Bidang pendidikan yang saya tekuni, banyak rekan-rekan guru termasuk saya yang mulai menyadari betapa pentingnya untuk mengupgrade ilmu untuk menerapkan teknologi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Dari situ kemudian lahirlah semangat untuk lebih mengembangkan lms.smpn28bdl.sch.id.
Covid-19 itupun juga positif , dengan hadirnya covid-19, saya bisa mengetahui bahwa zaman dahulu pun pernah terjadi wabah. Banyaknya ustadz yang menjelaskan hal tersebut juga membuat saya mengetahui trik yang dilakukan para sahabat nabi dan anjuran rasul dalam menghadapi situasi seperti ini.
Dan masih banyak lagi cerita Covid-19 itupun juga positif yang saya alami. Saya yakin para pembaca pun juga mengalami hal demikian. Kiranya dengan artikel kali ini bisa membuat kita juga dapat melihat sisi Covid-19 itupun juga positif dengan tidak menyepelekan virus ini. Tetap jaga kegiatan PHBS , ikuti arahan dari pemerintah, dan tidak menyebarkan berita hoax adalah langkah yang saya lakukan dalam memerangi Covid-19. Kalo kamu gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *