Ber-Moodle Ria, Guru Gembira : Tutorial Membuat Cohort Pada LMS Moodle

Assalamuallaykum Warahmatullahi Wabarakatu, Kembali lagi bersama di Indie WorkShop By Iqbal W. Septiyadi. Pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan sub-topik Ber-Moodle Ria, Guru Gembira untuk Tutorial Membuat Cohort Pada LMS Moodle. Sebelumnya, sudah sedikit dibahas pada artikel Ber-moodle Ria, Guru Gembira : Mengklasifikasi User dan Mata Pelajaran atau Course didalam LMS Moodle bahwasanya Cohort adalah pembagian user yang ada didalam sebuah LMS menjadi beberapa bagian.
untuk studi kasus yang ada pada LMS SMP Negeri 28 Kota Bandar Lampung, saya membuat 3 buah cohort yang membagi user atau siswa kedalam 3 jenjang yaitu cohort Kelas 7, Kelas 8 dan Kelas 9. Adapun penampakan cohortnya sebagai berikut :

Jika dilihat dari gambar tersebut, bahwa ada 224 siswa yang saya kelompokkan pada cohort “KELAS 8” dan ada 237 siswa yang saya kelompokkan kedalam cohort “KELAS 9”. Cohort atau pengelompokkan ini, nantinya akan mempermuda guru, ataupun admin untuk memasuukan masing-masing user kedalam Course yang ada di LMS Moodle. Adapun langkah-langkah dalam membuat cohort adalah sebagai berikut

1. Login menggunakan akun administrator dan masuk ke menu “Site Administration”

2. Setelah masuk kedalam menu “Site Administrattion” Klik menu “Users” dan klik “Cohort”

3. Setelah masuk kedalam menu “Cohort” Klik Button “Add New Cohort”

4. Setelah masuk kedalam menu “Add New Cohort”, Isikan kolom “Name” dan “Cohort ID” sesuai dengan kebutuhan LMS Kita kemudian klik “Save Changes”. Dalam kasus ini, saya akan membuat Cohort dengan nama “Kelas 8 dan 9” dimana usernya berisi dari anak-anak kelas 8 dan juga 9. Maka Langkah berikutnya seperti ini.

5. Setelah tombol “save changes” ditekan, kita akan kembali ke halaman “cohort”. Langkah selanjutnya adalah menambahkan user kedalam cohort yang telah kita buat dengan mengklik tombol assign yang terdapat pada pojok kanan dari cohort yang baru kita buat. Caranya sebagai berikut :

6. Setelah itu, masukkan semua user kelas 8 maupun 9 kedalam cohort tersebut. dan jika sudah klik “back to cohort”

Maka hasilnya akan seperti ini :

Itu tadi adalah tutorial “Ber-Moodle Ria, Guru Gembira : Tutorial Membuat Cohort Pada LMS Moodle”. Silahkan nantikan artikel-artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *