Ber-moodle Ria, Guru Gembira : Mengklasifikasi User dan Mata Pelajaran atau Course didalam LMS Moodle

Assalamuallaykum Warahmatullahi Wabarakatuh, balik lagi bersama saya Iqbal W. Septiyadi dalam Tutorial “Bermoodle Ria, Guru Gembira”. Pada artikel kali ini, akan dibahas tutorial pembuatan Group didalam LMS Moodle. Group merupakan metode atau fitur yang terdapat pada Moodle yang digunakan untuk membagi user kedalam beberapa klasifikasi / kelompok untuk mengatur hak akses dari user tersebut. Sebetulnya ada beberapa fitur yang bisa digunakan dalam pembagian user tersebut, antara lain Course, Category, Cohort dan juga Group.

Biasanya dalam sekolah ataupun universitas, terdapat siswa atau mahasiswa yang dibagi menjadi jenjang, kelas, dan juga mata pelajaran atau mata kuliah. Sebagai contoh, di SMP Negeri 28 Kota Bandar Lampung terdapat 3 jenjang yaitu kelas 7, kelas 8 dan kelas 9. Untuk kelas 7 terbagi lagi menjadi 7 kelas yaitu 7A hingga 7G. Untuk kelas 8 terbagi lagi menjadi 7 kelas dan kelas 9 terbagi menjadi 8 kelas. Setiap jenjang dan kelas, memiliki masing-masing 12 Mata Pelajaran antara lain IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PAI, Penjas, PKN, Prakarya, Seni Budaya, TIK dan Bahasa Lampung.

Untuk contoh Kasus diatas, implementasi pengklasifikasian kurang lebih seperti ini :

Klasifikasi User Dan Course Di LMS Moodle


1. Cohort : Terbagi menjadi 3 yaitu Kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9.
Cohort berfungsi untuk membagi user menjadi beberapa bagian. Dalam kasus dibawah ini, saya membagi user berdasarkan jenjang mereka. Jika dilihat, kelas 8 terdapat 224 user, kelas 9 terdapat 237 user. Cohort ini nantinya akan mempermudah kita selaku admin ataupun guru untuk menginput user secara manual kedalam course / mata pelajaran yang harus mereka ikuti.

Cohort LMS SMP Negeri 28 Kota Bandar Lampung

2. Category : Terbagi menjadi 3 yaitu Kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9.
Jika pada Cohort, kita membagi user menjadi 3 bagian, pada Category kita juga membagi 3 bagian namun bukan user yang kita bagi melainkan course atau mata pelajaran yang kita bagi menjadi 3 bagian berdasarkan jenjangnya. Hasil pembagian Category bisa dilihat pada gambar dibawah. untuk kotak merah bagian kiri adalah category, dan kotak merah sebelah kanan adalah course atau mata pelajaran yang tergabung dalam category tersebut.

Category LMS SMP Negeri 28 Kota Bandar Lampung

3. Course : Terbagi menjadi 12 Per Category. 3 Category berarti 36 Course.

4. Group : Terbagi perkelas. Group bertujuan untuk membagi akses user terhadap materi ataupun kuis yang terdapat didalam sebuah course.

Group LMS SMP Negeri 28 Kota Bandar Lampung

Itu tadi fasilitas yang tersedia di LMS Moodle untuk mengklasifikasi user maupun course agar mempermudah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Untuk tutorial pembuatan klasifikasi tersebut dapat dilihat pada artikel berikut ini :
1. Tutorial Membuat Cohort Pada LMS Moodle
2. Tutorial Membuat Category Pada LMS Moodle
3. Tutorial Membuat Course Pada LMS Moodle
4. Tutorial Membuat Group Siswa Pada LMS Moodle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *